Tips Senam Hamil dan Manfaatnya untuk Persalinan 

Ketika sedang hamil, tubuh mengalami banyak sekali perubahan yang membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini Anda harus melakukan olahraga rutin pada masa kehamilan, bukan Cuma asupan nutrisi yang cukup saja. 

Namun Anda tidak boleh melakukan sembarang olahraga, pastikan olahraga tersebut aman untuk kehamilan. Salah satu olahraga terbaik di masa kehamilan adalah senam hamil. Senam hamil merupakan salah satu olahraga praktis untuk ibu hamil dimasa kehamilan, Anda bisa kunjungi senam hamil terdekat di tempat Anda. 

Manfaat Senam Hamil

Senam hamil memiliki banyak sekali manfaat, baik itu untuk kesehatan ibu hamil maupun kelancaran proses persalinan nantinya. Supaya Anda semakin termotivasi melakukan senam hamil, berikut adalah deretan manfaat senam hamil:

  • Mengurangi stres
  • Menambah energi ibu hamil
  • Menurunkan risiko terjadinya komplikasi kehamilan
  • Membantu mengatasi keluhan saat kehamilan
  • Membuat tidur semakin nyenyak 
  • Melatih supaya jantung dan paru lebih kuat
  • Mencegah masalah berat badan berlebihan
  • Melatih tubuh untuk persalinan
  • Memperkuat sendi
  • Mempercepat pemulihan setelah persalinan

Tips Senam Hamil 

Supaya kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan lebih terjaga, Anda harus melakukan beberapa hal sebelum melakukan senam hamil. Berikut ini adalah tips senam hamil yang bisa Anda lakukan:

1. Konsultasi dengan Dokter 

Bidan atau dokter kandungan tentunya mengetahui riwayat kesehatan Anda sehingga mereka paham betul apakah Anda cukup kuat untuk melakukan senam hamil atau tidak. Jadi, silahkan konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau bidan yang ada di tempat senam hamil terdekat sebelum berolahraga. 

2. Pilih Kelas Senam Hamil 

Pilihlah klinik atau tempat senam hamil terdekat yang terpercaya di tempat Anda. Salah satu tempat senam hamil terbaik dan terpercaya adalah klinik KEHAMILAN SEHAT. Di klinik tersebut sudah disiapkan instruktur terlatih yang siap memandu Anda. 

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Ketika melakukan olahraga senam hamil, pastikan menggunakan pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat dengan baik. Apalagi ibu hamil biasanya sangat mudah berkeringat, jangan sampai pakaian yang dikenakan tidak nyaman.

4. Kondisi Tempat Senam

Anda juga harus memperhatikan tempat dimana senam hamil dilakukan. Lakukan senam hamil di ruangan yang tidak panas maupun lembab. Jika senam dilakukan di luar ruangan, sebaiknya lakukan pada jam 10 sampai 3 sore. 

5. Pemanasan dan Pendinginan

Sebelum mulai senam, sebaiknya lakukan pemanasan selama 5-10 menit supaya tubuh tidak kaku dan terhindar dari masalah kram maupun terkilir. Setelah selesai melakukan senam, jangan lupa untuk melakukan pendinginan supaya tubuh menjadi lebih segar dan tenang.

6. Asupan Cairan yang Cukup

Saat melakukan senam hamil, pastikan Anda mendapatkan asupan air yang cukup supaya tidak mengalami dehidrasi. Selain itu jangan memaksakan diri saat melakukan senam. Jika sudah lelah dan tubuh sakit, sebaiknya berhenti dan beristirahat.