Tips Belajar BTQ Jl. 4

Belajar iqra’ sejak dini adalah pondasi dalam belajar Al-Quran. Belajar iqra’ sejak dini lebih mudah daripada ketika belajar sudah dewasa karena diibaratkan lisan anak masih fleksibel dalam pengenalan dan pengucapan huruf-huruf hijaiyah.

BTQ Jl.4 adalah tahapan belajar iqra yang sudah sampai pada berbagai tanda huruf dan kalimat sehingga perlu untuk menghafal tanda dan bunyi dari huruf tersebut. Namun menghafal bukanlah cara yang tepat untuk belajar. Berikut adalah tips-tips belajar Iqra’ jilid 4 diantaranya:

1. Membaca secara intensif

Keterampilan membaca tidak didapatkan secara instan, ia perlu dilatih sesering mungkin agar kebenaran lafadz bacaan dan panjang pendek sesuai. Oleh karena itu, dengan melatihnya secara konsisten setiap hari anak-anak akan terbiasa menjumpai berbagai macam huruf dan pelafadzannya.

2. Membaca dengan Benar

Belajar Iqra’ serta huruf hijaiyah merupakan pembiasaan dan pembenaran. Artinya anak tidak boleh melafadzkan sebuah huruf salah namun tidak dibenar dan dibiarkan karena apabila hal tersebut terjadi akan menjadi kebiasaan hingga ia dewasa. Jika baru dibenarkan ketika sudah dewasa maka akan cukup sulit. Sehingga sebisa mungkin cara yang benar adalah membaca bunyi dan lafadz yang benar.

3. Dengan Tutor yang Berpengalaman

Dalam belajar hal yang paling penting adalah guru/tutor. Mereka adalah orang-orang yang sudah lancar dan berpengalaman dalam membaca dan menulis Al-Quran. Guru-guru ini akan membimbing anak didiknya untuk membenarkan ketika salah, melatih lidah dalam pengucapan huruf yang benar dan mencontohkan secara langsung.

4. Melatih Anak untuk Menulis Apa yang Dibacanya

Menulis adalah salah satu cara untuk mengingat kembali dan menghafal apa yang sudah dibaca. Ketika anak-anak menulis, ia sama saja menambah ilmu pengetahuan melalui tulisan. Dengan menulis anak-anak akan memperhatikan apa yang ditulisnya, membaca dalam hati dan menulis bentuk huruf kemudian memori tersebut akan tersimpan di otak anak. Sehingga menulis merupakan cara yang efektif dalam mengajarkan iqra kepada anak.

Untuk membantu kelancaran anak dalam membaca, anak harus memiliki buku pegangan maupun pedoman dalam belajar baca tulis Qur’an. Buku Belajar Baca dan Tulis Al-Qur’an (BTQ) untuk SD/MI Kelas IV adalah buku yang tepat untuk dipilih dan digunakan anak dalam belajar karena buku tersebut memiliki keunggulan sebagai berikut:

  1. Terdapat poin-poin penting di uraian materi untuk memudahkan dalam belajar baca dan tulis Al-Qur’an, seperti:
  2. Pengantar sebelum mempelajari pelajaran.
  3. Diberikan pertanyaan seputar pengantar materi.
  4. Terdapat materi yang dipelajari seputar pengetahuan membaca.
  5. Terdapat kegiatan menulis seputar materi yang telah dipelajari
  6. Terdapat kegiatan mendengarkan audio yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.
  7. Terdapat kegiatan menghafal melalui audio dan video apersepsi salah satu surah pada ayat Al-Qur’an tiap akhir bab.

Dengan memiliki Buku Belajar Baca dan Tulis Al-Qur’an (BTQ) untuk SD/MI Kelas IV anak-anak bisa belajar BTQ kelas 4 mandiri maupun bersama tutor. Kegiatan mandiri dilakukan dengan memutar audio seputar materi yang ingin dipelajari. Adanya audio ini sangat membantu anak untuk menghafal karena apabila anak lupa huruf atau bunyi anak dapat memutar kembali audio tersebut.