Tata Cara Budidaya ketimun suri Cepat Tumbuh

Budidaya ketimun suri memiliki kesempatan yang paling prospektif. Apa lagi bila dikerjakan saat musim kemarau seperti sekarang ini. Umumnya tingkat kebutuhan pasar akan buah ketimun suri ini akan alami kenaikan secara mencolok saat cuaca panas. Ditambah saat Bulan Ramadhan, pada saat mayoritas warga Indonesia sedang berpuasa. Es buah yang dengan bahan dasar buah ketimun suri tentu akan jadi benar-benar terkenal karena kesegarannya. Bila ingin, Anda dapat menanam ketimun suri ini di pelataran rumah loh. Tidak begitu sulit kok untuk menanam tumbuhan yang ini.

Buah ketimun suri memang mempunyai rasa yang demikian beri kesegaran. Ini tidak lepas dari kandungan air didalamnya yang lumayan banyak. Wewangiannya benar-benar unik dan wangi sekali. Perlu Anda kenali, buah ketimun sendiri memiliki kandungan provitamin A, kalium, dan serat yang tinggi. Hingga ketimun suri ini mempunyai faedah untuk jaga ketahanan badan, turunkan tekanan darah, dan menolong mempertahankan kesehatan ginjal. Tidaklah aneh jiksa beberapa orang banyak yang cari buah ketimun suri, dari sisi karena rasanya yang nikmat saat ditambahkan sirup dan es batu.

 

 

Menanam ketimun suri bisa Anda kerjakan secara mudah kok. Silahkan Anda dapat ikuti tutorial dibawa ini ya!

 

PENGOLAHAN TANAH

 

Tempat yang ingin ditanam ketimun suri pasti wajib buat diproses lebih dulu. Triknya diawali dengan bersihkan tempat itu dari rumput, gulma, batu, sampah, dan beberapa tanaman pengganggu yang lain. Selanjutnya supaya keadaan tanah jadi gembur, Anda perlu mencangkulnya secara rata. Anda bisa membolak-balikkan tanah itu agar susunannya beralih menjadi gembur dan bagus untuk digunakan berkebun. Kemudian, tambah pupuk kandang seperlunya sebagai pupuk dasar untuk menyuburkan tanah. Baru selanjutnya Anda dapat membuat beberapa bilikan.

 

PENANAMAN BENIH

 

Benih ketimun suri langsung bisa ditanamkan di tempat dan tak perlu disemai lebih dulu secara terpisah. Jarak tanam yang bagus untuk ketimun suri ialah 70 x 50 cm. Tiap lubang tanam ini lalu diberi pupuk kandang sekitar 250 g untuk menyuburkannya. Anda bisa menanam 2-3 biji ketimun suri sekalian per lubang tanam. Selanjutnya tutuplah lubang tanam itu menggunakan susunan tanah yang tipis. Sirami permukaan atasnya. Benih akan tumbuh jadi tanaman kecil sesudah 3-5 hari setelah itu. Ulang kembali sampai semua benih ketimun suri yang Anda punyai sukses ditanamkan di bilikan itu.

 

PERAWATAN TANAMAN

 

Dianjurkan untuk membikin bilikan di tempat penanaman untuk menahan tanaman ketimun suri agar tidak tergenang air. Yakinkan semua tempat tempat dapat memperoleh air secara lancar karena tanaman ini lebih banyak memerlukan air. Jika tidak ada air yang memenuhi, Anda harus terpaksa menyiramiinya tiap sore dan pagi hari. Pemupukan perlu dikerjakan menggunakan NPK 25 gr/tanaman yang diberi sekitar tiga tahapan yakni di saat tanaman ketimun suri berusia satu minggu sekitar 5 gr, tiga minggu sekitar 10 gr, dan 5 minggu sekitar 10 gr.

 

Dijumpai tanaman ketimun suri yang ditanamkan menggunakan ajir mampu hasilkan buah yang semakin besar serta lebih berat dibanding tanaman yang didiamkan tumbuh secara menyebar. Penempatan ajir mulai bisa dikerjakan saat tanaman berumur tiga minggu sesudah tanam. Agar kuat meredam beban, Anda bisa menyatukan dua ajir jadi satu untuk tiap-tiap tanaman. Untuk mempermudah penyiraman tiap hari, dianjurkan memakai alat tolong sprinkler yang bisa dibeli ke jual Pohon Besar Pengaturan hama dan penyakit dapat memakai pestisida/fungisida yang sama sesuai tanda-tanda awalnya

 

PEMANENAN BUAH

 

Perawatan tanaman ketimun suri akan punya pengaruh besar pada buah yang akan dibuatnya. Sebaiknya anda cuman memiara optimal 3 cabang per tanaman untuk mengoptimalkan perkembangannya. Dan untuk mengoptimalkan perubahan buah, piaralah buah yang tumbuh dimulai dari daun ke-7 dan sebagainya. Tiap tanaman seharusnya cuman bisa hasilkan optimal 3 biji agar ukuran dapat optimal. Buah ketimun suri yang sudah menguning dan wewangiannya wangi merebak bisa dipanen dengan menggunting batang buahnya memakai gunting yang steril.

 

Sumber : Tukangpohon.com