Songwriting – Menulis Lirik Hebat dengan Menggunakan Skema Sajak yang Tepat

Rima dapat digunakan untuk mempercepat lirik. Penggunaan rima sebagai akselerator didasarkan pada skema rima yang Anda pilih. Rhyme adalah konektor sonik. Ini menghubungkan suara vokal yang identik. Jadi, ketika kita sering mendengar bunyi vokal yang sama berulang-ulang, bunyinya bisa dipercepat. Mari kita lihat beberapa contoh apa artinya itu.

Katakanlah kita memiliki skema rima yang dimulai sebagai skema berima xAxA, jadi hanya baris kedua dan keempat yang berima. Ini bisa terlihat seperti ini:

Meninggalkan mereka (x)

Mencambuk melewati (A)

Tidak bisa melihat apa yang ada di depan (x)

Terbang sangat cepat (A)

Kami memiliki skema rima yang umum dan diharapkan di sini. Jika kita meningkatkan frekuensi skema berima yang diharapkan, itu dapat menambah akselerasi ke bagian kita. Misalnya, bagaimana jika ini adalah lirik kami?

Meninggalkan mereka (x)

Mencambuk melewati (A)

Tidak bisa menjadi yang terakhir (A)

Terbang sangat cepat (A)

Di bagian ini, setelah kita melewati baris kedua, “memukul melewati”, kita mengharapkan skema xAxA, atau skema ABAB. Sebagai gantinya, kami download lagu mp3 mendapatkan baris tiga yang berima dengan baris dua, yang tidak terduga. Kami tidak mengharapkan sajak di sana. Jika itu terjadi, itu akan berima dengan baris pertama. Hal ini membuat suara pantun kedua dipercepat, dan dipercepat. Kemudian ketika kita mendapatkan sajak ketiga pada baris keempat, itu benar-benar mendorong gagasan itu ke rumah.

Dalam hal lirik ini, Anda dapat melihatnya masuk akal, karena ide percepatan lirik karena rima bermain ke dalam konten lirik, dengan frasa seperti “mencambuk masa lalu,” “tidak bisa menjadi yang terakhir,” dan ” terbang cepat.” Memang contoh ini sedikit “di hidung”, tetapi ini membantu menyampaikan maksud dari apa yang dapat Anda lakukan dengan mempercepat lirik Anda.

Anda dapat menggunakan konsep yang sama untuk memperlambat sajak Anda, jika itu berkaitan dengan lirik Anda. Misalnya, jika empat baris pertama dalam syair Anda memiliki skema AAAA dan kemudian empat baris berikutnya memiliki skema ABAB, empat baris terakhir tersebut akan terdengar melambat, karena rima akan diberi jarak yang lebih jauh. Jika konten lirik Anda ada hubungannya dengan memperlambat, atau tidak dapat melanjutkan, masuk akal untuk menggunakan skema sajak seperti itu.

Saat Anda menggunakan pendekatan seperti ini dalam penulisan lagu Anda, penting untuk dicatat bahwa Anda menetapkan standar dari mana Anda mengubah untuk mengubah nuansa dalam lagu Anda. Jika Anda memulai dengan skema rima AAAA dan kemudian beralih ke skema rima ABAB, porsi ABAB akan terasa melambat karena standar yang Anda tetapkan dengan memulai dengan skema rima AAAA.