Sangat Lezat, Ini 5 Resep Cimol yang Patut Dicoba

Anda punya banyak waktu luang dan ingin mencoba mempraktikkan resep cimol? Hal ini bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat daripada tidak melakukan apa-apa. Hasilnya bisa dijadikan cemilan sambil menonton film atau dimakan bersama keluarga di rumah. Sebelum menyiapkan mulai membuat, Anda pikirkan terlebih dahulu cimol seperti apa yang Anda inginkan.

1. Cimol Goreng

Resep cimol merupakan salah satu tantangan masak yang bisa dibilang susah-susah gampang. Dimulai dari yang sederhana, Anda bisa mencoba resep dasar cimol goreng.

Berbagai bahan yang perlu disiapkan di antaranya adalah tepung tapioka, tepung terigu, air panas, bumbu tabur sebagai pelengkap, dan bawang putih yang telah dihaluskan.

Langkah yang perlu Anda lakukan cukup singkat, tetapi tidak boleh sembarangan. Pertama-tama, Anda perlu mencampurkan sebuah bahan dalam wadah yang memadai, khusus air panas dimasukkan sedikit demi sedikit. Uleni campuran tersebut dan bentuk menjadi bulat ala cimol. Masukkan ke dalam minyak terlebih dahulu, baru nyalakan kompor dengan api sedang.

2. Cimol Goreng Balado

Selain cimol goreng biasa, Anda bisa mengkombinasikan resep masakan yang satu ini dengan berbagai bumbu pelengkap. Bumbu tersebut bisa berupa bumbu tabur atau pilihan variasi lainnya. Salah satu rasa bumbu yang patut Anda coba adalah serbuk balado merah dengan rasa pedas bernama balado.

Cara membuat cimol goreng balado ini serupa dengan resep dasar sebelumnya. Dalam adonan Anda bisa menambahkan kaldu jika memang suka. Setelah digoreng dengan cara yang tepat, Anda bisa meletakkan cimol di dalam wadah yang bertutup. Kemudian, masukkan beberapa sendok bumbu balado sampai sekiranya cukup. Tutup wadah dan kocok agar bumbu menempel di cimol.

3. Cimol Goreng Rawit Daun Jeruk

Setelah mencoba cimol biasa dan cimol balado, Anda boleh saja mencoba resep lain atau justru menciptakan resep baru. Jika Anda masih hendak mencoba kreasi yang pernah dibuat orang lain, masaklah cimol goreng rawit daun jeruk. Secara keseluruhan, resep cimol yang satu ini tidak berbeda jauh dari resep sebelumnya.

Karena nama dari resep ini adalah cimol goreng rawit daun jeruk, maka tentunya salah satu bahan yang terlibat adalah daun jeruk. Anda bisa menyiapkan sedikit daun jeruk yang sudah dicincang dengan menggunakan pisau. Nantinya, daun jeruk tersebut akan menciptakan cita rasa yang agak berbeda khas daun jeruk pada cimol.

4. Cimol Jeletot

Mendengar nama cimol jeletot mungkin sudah mampu membuat Anda membayangkan bagaimana rasa dari makanan ini. Kata jeletot sendiri memang kerap kali digunakan pada menu masakan dengan cita rasa sangat pedas. Oleh sebab itu, penggemar makanan pedas biasanya sangat menyukai menu tersebut.

Untuk menciptakan cita rasa khas “Jeletot”, Anda bisa menggunakan bumbu tabur berupa cabai kering. Biasanya pedagang akan menawarkan beberapa level cabai kering yang bisa dipilih. Anda bisa menyesuaikan dengan keinginan Anda bumbu mana yang akan digunakan untuk taburan cimol.

5. Cimol dengan Bumbu Jagung Manis

Bosan dengan rasa pedas yang hadir di setiap masakan? Mungkin Anda bisa memasak cimol dengan variasi bumbu jagung manis. Cara lainnya sama dengan resep membuat cimol biasa. Namun, setelah cimol matang dan diangkat dari wajan, gunakan bumbu jagung manis untuk membalurinya.

Itu tadi adalah beberapa ide terkait resep cimol yang bisa Anda coba praktikkan. Jika Anda memiliki kreasi lain, tidak ada salahnya untuk dicoba. Selagi semua takaran pas dan bahan yang digunakan aman, maka cimol buatan Anda akan mampu memanjakan lidah.