Nasib Deposito Bank Swasta Di Tengah Pandemi

Deposito merupakan salah satu produk tabungan yang dimiliki oleh bank dan hingga kini masih menjadi instrumen investasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Tidak hanya untuk simpanan saja, deposito pun bisa dipilih sebagai salah satu instrumen investasi. Deposito juga dianggap sebagai produk simpanan yang lebih aman jika dibandingkan dengan produk instrumen investasi yang lainnya, misalnya reksadana, saham, properti, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan keuangan masa depan Anda dengan menggunakan deposito. Dan jika Anda tertarik untuk menempatkan uang Anda di deposito, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa Anda memahami produk yang satu ini dengan baik agar bisa memperoleh manfaat yang maksimal. Dan di tengah pandemi yang tidak berkesudahan ini, merupakan hal yang sangat penting untuk memilih instrumen simpanan yang aman agar Anda tidak merasa khawatir mengenai investasi lagi. Dan jika Anda takut untuk memulai investasi dengan risiko tinggi seperti saham, reksadana, p2p lending, hingga properti, akan lebih baik jika Anda menempatkan uang Anda di produk deposito karena risikonya jauh lebih rendah. Instrumen investasi apapun yang Anda pilih, Anda harus ingat bahwa tujuan utama Anda menyimpan uang ialah untuk mengamankan serta meningkatkan kekayaan Anda. Uang yang Anda miliki jangan hanya disimpan di lemari dan Anda biarkan begitu saja, sehingga tidak menghasilkan apapun. Dengan mempunyai deposito, Anda akan bisa meningkatkan jumlah uang Anda tanpa mengalami kerugian. Selain itu, deposito bank pun sudah terjamin oleh LPS sehingga akan sangat aman jika Anda menyimpan uang Anda di deposito. Beberapa bank swasta bahkan memberikan deposito bunga yang cukup tinggi untuk produk simpanan mereka. Berikut ini beberapa deposito bank swasta yang aman yang bisa Anda coba.

1. Deposito Bank BCA
Bank BCA memiliki produk simpanan deposito yang bisa memenuhi kebutuhan nasabah melalui berbagai macam program yang mereka tawarkan. Tidak hanya itu saja, jangka waktu yang ditawarkan pun cukup beragam serta nasabah pun bisa memilih 9 mata uang sebagai simpanan di deposito, dan bunga hasil deposito pun dapat ditransfer ke bank lain. Untuk besar bunga deposito Bank BCA sendiri ialah sebesar 3,25% setelah sebelumnya telah melalui berbagai penyesuaian dan juga telah mengikuti kebijakan dari Bank Indonesia.

2. Digibank by DBS
Deposito bank terbaik yang aman selanjutnya ialah deposito Bank DBS. Produk Deposito yang satu ini bisa dibuka melalui internet banking dengan storan awal yang cukup murah, yakni hanya Rp1 juta saja. Tidak hanya itu saja, besaran bunga deposito bank DBS ialah mulai dari 3,70% hingga 4,50%.

3. Deposito Bank Mayora
Meski jarang terdengar, tapi Bank Mayora mempunyai deposito yang bisa memilih dua mata uang untuk disimpan, yaitu mata uang Rupiah serta USD. Selain itu, besaran bungan Deposito Bank Mayora ialah sebanyak 4,5% serta untuk mata uang USD ialah sebesar 0,25%. Dan keduanya juga mempunyai jangka waktu yang cukup fleksibel dengan setoran awal sebesar Rp8 juta.

4. Deposito Bank Maybank
Pembukaan deposito Bank Maybank dapat dilakukan secara offline maupun online. Yang menarik ialah, suku bunga deposito dari bank Maybank cukup berbeda, tergantung bagaimana Anda membuka deposito. Jika Anda membuka deposito secara offline, maka suku bunganya ialah 2,75%, dan jika Anda membuka deposito melalui aplikasi Maybank2u ID atau internet banking,maka suku bunganya lebih tinggi yaitu 3,25% di semua tenor dengan setoran awal sebesar Rp10 juta.

5. Deposito Bank Permata
Deposito bank swasta yang aman berikutnya ialah Bank Permata. Dengan suku bunga yang ditawarkan sebesar 4,25% dengan aplikasi PermataMobileX. Selain itu, pengguna juga dapat memilih pembayaran bunga deposito secara bulanan maupun ketika jatuh tempo sesuai dengan kebutuhannya. Bank Permata juga mempunyai fasilitas Automatic Roll Over yang bisa secara otomatis memperpanjang deposito nasabah jika sudah waktunya jatuh tempo.

Keuntungan utama menyimpan uang di simpanan deposito selain sebagai tabungan juga bisa sebagai sarana berinvestasi. Selain karena sudah aman terjamin LPS, suku bunga yang diperoleh pun cukup besar dengan risiko minim.