Mengenal Fintech yang Ada di Indonesia

Bagi masyarkat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan perusahaan finansial teknologi atau yang sering disebut dengan fintech. Fintech menawarkan layanan keuangan bagi seluruh masyarakat. Namun, tahukah Anda apa itu fintech dan bagaimana perkembangannya di Indonesia? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Fintech?

Fintech merupakan sebuah inovasi yang terjadi pada dunia industri jasa keuangan yang memanfaatkan penggunaan teknologi. Fintech ini memiliki model bisnis yang cukup menjanjikan, dengan sistem keamanan yang mumpuni.

  1. Lebih Mudah Mengakses Layanan Keuangan

Kehadiran fintech ini membuka peluang bagi para masyarakat untuk bisa lebih mudah dalam mengakses berbagai layanan keuangan dengan lebih efisien. Pasalnya, layanan fintech ini bisa Anda akses hanya dengan memanfaatkan internet dan smartphone.

  1. Fintech Harus Terdaftar OJK

Agar perkembangan pereusahaan fintech yang ada di Indonesia ini bisa berjalan dengan lancar, maka pihak OJK selaku lembaga jasa keuangan mengharuskan seluruh perusahaan fintech untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Fungsinya adalah untuk bisa mendapatkan izin operasional.

Jika memang diketahui pihak perusahaan fintech ini melakukan pelanggaran, maka pihak OJK pun memiliki wewenang untuk memberikan sanksi hingga bisa mencabut izin operasional perusahaan tersebut.

Namun sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu malah semakin banyak bermunculan perusahaan fintech abal-abal. Keberadaan dari fintech ilegal ini sangat meresahkan masyarakat. Padalnya, fintech ilegal ini sering memberikan biaya yang sangat tinggi dengan sistem penagihan yang tidak beretika.

Penagihan tidak beretika ini seperti halnya dengan melontarkan kalimat yang kasar dan mengancam, hingga menyebarkan data pribadi dari sang peminjam. Oleh karena itu, pihak OJK pun meminta agar masyarakat lebih bijak dan selektif dalam memilih perusahaan fintech sebelum memutuskan untuk meminjam uang.

Untuk itu, Anda harus bisa memahami apa saja perbedaan antara fintech legal dan ilegal agar tidak sampai tertipu dengan fintech ilegal yang akan merugikan Anda.

Bagi Anda yang ingin lebih mengenal Fintech Indonesia, maka bisa mencari informasi melalui Dunia Fintech. Mengapa harus Dunia Fintech? Karena Dunia Fintech merupakan wadah informasi yang berisikan tentang fintech secara lebih lengkap dan lebih luas.