Manfaat Metformin untuk Penderita Diabetes Tipe II

Orang dengan diabetes memiliki berbagai pilihan pengobatan, tetapi tidak semuanya sama efektifnya. Metformin adalah salah satu obat yang telah terbukti sangat efektif dalam menurunkan kadar gula darah dan risiko yang terkait dengan diabetes yang tidak terkontrol, termasuk penyakit jantung dan gagal ginjal. Metformin juga terkadang bisa digunakan dalam pengobatan penyakit polycystic ovarian syndrome (PCOS).

Agar Metformin bekerja dengan baik, perlu diminum dengan dosis yang tepat setiap hari. Ketika Anda meminumnya dengan benar seperti yang ditentukan oleh dokter atau apoteker Anda (biasanya 2-3 kali sehari) pada saat makan atau sesudah makan, Anda dapat menikmati manfaat ini: kontrol yang lebih baik terhadap kadar gula darah; mengurangi risiko komplikasi dari diabetes seperti penyakit jantung dan gagal ginjal, memperlambat proses penuaan, menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida.

Namun, Metformin dapat menyebabkan gejala gastrointestinal ringan seperti ketidaknyamanan atau nyeri perut, kehilangan nafsu makan, diare atau mual. Jika Anda mengalami efek samping ini, Anda harus terus meminumnya sambil perlahan-lahan meningkatkan dosis Anda setiap hari sampai hilang. Anda mungkin harus naik beberapa kali sebelum Anda menemukan dosis yang tepat untuk tubuh Anda masing-masing. Sebelum menentukan pada dosis berapa Anda harus minum, lebih baik bicarakan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Mengonsumsi Metformin juga dapat sedikit meningkatkan kadar laktat darah, yang dapat membuat olahraga dan aktivitas fisik lebih sulit. Kebanyakan orang tidak akan mengalami efek samping ini sama sekali dan mereka yang baru menyadarinya di pagi hari ketika mereka bangun atau setelah berolahraga. Berjalan-jalan sebentar setelah Anda bangun atau sebelum berolahraga dapat membantu. Jika efek samping ini berlanjut, konsultasikan dengan dokter Anda untuk melihat apakah obat lain akan bekerja lebih baik untuk Anda.

Orang yang menggunakan Metformin biasanya diinstruksikan untuk tidak meminum alkohol atau mereka dapat memiliki efek buruk yang serius pada kesehatan mereka termasuk masalah hati. Orang dengan masalah ginjal juga harus hati-hati memantau penggunaannya untuk menghindari komplikasi serius.

Orang dengan diabetes tipe II yang mengonsumsi Metformin 2-3 kali sehari sesudah makan mungkin memiliki risiko lebih sedikit terhadap masalah kardiovaskular yang terkait dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol dan kolesterol yang lebih rendah. Olahraga teratur dan kebiasaan makan sehat bersama dengan dosis kecil Metformin dapat memberi Anda keunggulan yang Anda butuhkan tanpa efek samping yang tidak dapat ditoleransi.

Beberapa orang khawatir tentang harga Metformin, tetapi penelitian tidak menemukan variasi harga yang signifikan dari satu apotek ke apotek lainnya, yang menunjukkan bahwa harga Metformin HCl 500 mg terjangkau bagi kebanyakan orang.