Macam-Macam Virus Herpes Kelamin

Sahabat gogomall.co.id – Ada 2 jenis virus herpes kelamin, yaitu HSV-1 dan HSV-2. Jenis ini dapat menyebabkan infeksi genital akan tetapi biasanya HSV-1 ini dapat menyebabkan luka dan demam atau lepuhan namun tidak terkait dengan aktifitas seksual. Infeksi herpes kelamin lebih sering terjadi pada wanita daripada pada pria.

Herpes paling sering ditularkan dari 1 orang yang terinfeksi ke orang lain melalui kontak langsung dengan rasa sakit atau lepuhan. Kontak ini dapat terjadi saat melakukan seks oral, seks vaginal atau seks anal. Namun tidak selalu terjadi saat hubungan seksual. Herpes adalah virus yang hidup di kulit di sekitar area genital. Herpes dapat dilalui setiap saat bahkan ketika gejalanya tidak terlihat.

Mengapa Virus Herpes Kelamin Berbahaya?

Herpes kelamin adalah infeksi yang umum dan sangat menular yang biasanya menyebar melalui hubungan seksual. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 2 atau HSV-2 atau Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 atau HSV-1 virus yang biasanya menyebabkan luka. Penyembuhan herpes kelamin termasuk pil – pilan untuk membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan mencegah gejala.

Herpes kelamin disebabkan oleh virus herpes kelamin, infeksi menular seksual (IMS) yang dapat menyebabkan luka yang menyakitkan, bisul dan luka di area genital pada pria dan wanita. Beberapa orang memiliki gejala yang menyakitkan dan yang lainnya tidak memiliki gejala sama sekali dan tidak mengetahui jika terinfeksi.

Gejala-gejalanya dapat di atasi dengan pereda nyeri serta antiviral, akan tetapi ini tidak dapat menyembuhkan infeksi. Virus herpes kelamin tetap ada di dalam tubuh setelah infeksi dan gejalanya dapat kembali atau kambuh lagi tanpa paparan terhadap virus. Kembalinya gejala dapat dipicu oleh penyakit atau stress. Herpes kelamin paling mudah menyebar selama adanya gejala akan tetapi juga dapat menyebar diantara gejalanya.

Penyebab Umum Virus Herpes Kelamin

Herpes kelamin disebabkan oleh virus, yaitu Herpes Simpleks Virus (HSV) tipe 1 dan tipe 2. Awalnya masuk melalui alat kelamin, mulut atau anus melalui luka kecil. Virus kemudian memasuki sel-sel saraf dimana dapat bertahan akan tetapi pada umumnya dikendalikan oleh sel-sel kekebalan pasa kulit yang sehat. Namun faktor seperti trauma mengakibatkan melemahnya kekebalan tubuh pelindung kulit dan virus herpes kelamin dapat menginfeksi sel di permukaan kulit (infeksi berulang atau kekambuhan).

Baca juga benarkan penderita diabetes boleh makan bakso dengan porsi banyak cari tahu selengkapnya disini.