Jenis Kerajinan Bali Yang Menjadi Oleh-oleh Paling Populer Hingga Go-Internasional

Ketika ke Bali tentu Anda tidak boleh lupa yang namanya membawa oleh-oleh. Selain oleh-oleh berupa makanan, Anda juga tidak boleh melewatkan yang namanya kerajinan Bali. Ada banyak pilihan kerajinan khas Bali yang bisa anda pilih dari berbagai bahan dan model.

Bagi yang masih bingung ingin membeli jenis kerajinan apa saat ke Bali, berikut ini rekomendasinya.

1. Batok Kelapa

Rekomendasi yang pertama yaitu batok kelapa. Di Bali, batok kelapa dimanfaatkan untuk produk perabotan rumah tangga baik yang hanya bisa dipajang sampai yang memang dimanfaatkan di rumah tangga.

Kerajinan dari batok kelapa ini juga sangat laris manis diminati masyarakat lokal maupun mancanegara. Anda bisa menemukan berbagai kerajinan batok kelapa di toko-toko souvenir Bali. Bahkan saat ini Anda juga bisa menemukan pas yang berbahan dasar batok kelapa.

2. Sarung Bali

Sarung Bali juga cukup populer dijadikan oleh-oleh oleh wisatawan. Kain sarung bali memiliki warna yang cerah dengan motif khas ala Bali seperti bunga-bungaan hingga motif yang abstrak.

Sarung Bali juga dikenal dengan kain pantai karena memang sarung ini banyak ditemui di pesisir pantai yang biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berlibur. Sarung Bali dibuat dengan lebih banyak memilih warna-warna terang. Jika Anda menemukan sarung bali bermotif kotak-kotak dengan warna hitam maka memiliki arti sendiri sebagai simbol Rwa Bhineda.

3. Kain Songket

Tidak hanya kain sarung saja, kain songket Bali juga terkenal populer sebagai oleh-oleh. Songket Sidemen Bali punya ciri khas dan keunikan sendiri dengan warna kain yang cemerlang dan motif khusus. Songket sidemen ini dibuat menggunakan pintalan benang sutera, jadi tidak heran jika harganya mahal.

Bahkan bisa dibilang kain songket dari Bali merupakan jenis kain premium karena untuk pembuatannya saja rumit dan juga lama.

4. Kerajinan Rotan

Tentu saja kerajinan Bali dari anyaman rotan juga menjadi salah satu yang terkenal. Bahan tas anyaman rotan sempat viral di mana-mana, yang awalnya berasal dari Bali. Anda bisa dengan mudah menemukan kerajinan rotan yang dijual di objek wisata maupun pasar khusus yang menjual oleh-oleh di Bali.

Kerajinan rotan juga bisa Anda temukan pada perlengkapan fashion, seperti topi dan juga barang-barang dekorasi. Kerajinan rotan tidak hanya terkenal di Indonesia tapi juga ke mancanegara.

5. Manik-manik

Yang terakhir adalah kerajinan  Bali dari manik-manik. Kerajinan manik-manik Bali ini menjadi souvenir yang disukai oleh banyak orang terutama para wanita. Banyak model aksesoris yang dibuat dengan manik-manik seperti kalung hingga gelang dan juga anting.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan kerajinan manik-manik pada pouch yang dibalut Dengan manik-manik indah.

6. Sandal Etnik

Kerajinan lainnya yang juga populer adalah sandal etnik. Sandal etnik ini juga mudah ditemukan di mana saja. Sandal memiliki model yang khas yaitu terdapat hiasan payet atau manik-manik berwarna-warni di bagian depan sendal.

Jika Anda menyukai sandal model estetik dan vintage, bisa membawa oleh-oleh sandal etnik untuk dipakai sendiri maupun untuk diberikan kepada sanak saudara.

Itu tadi beberapa oleh-oleh khas Bali yang populer bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika belum berkesempatan ke Bali namun tetap ingin membeli kerajinan Bali, Anda bisa menemukannya di website https://www.balietrade.com. Toko online ini menjual berbagai produk kerajinan dan dekorasi dari Bali yang diambil langsung dari para pengrajin Bali.

Toko ini bukan toko biasa, karena merupakan toko grosir online yang tidak hanya melayani penjualan produk-produk khas Bali untuk masyarakat lokal tapi juga mancanegara.