Format dan Contoh Cover Letter Bahasa Inggris

5 Contoh Cover Letter yang Baik dan Menarik agar Lolos HRD!

Menuliskan surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris menjadi salah satu cara paling efektif agar lebih mudah diterima. Selain menunjukkan kemampuan bahasa dan menulis yang baik, juga menggunakan bahasa Inggris bisa menunjukkan keunggulan dari kandidat pelamar lainnya.

Karena itu Anda perlu melihat format contoh cover letter bahasa Inggris berikut ini dan apa saja yang harus diperhatikan!

  1. Informasi Data Diri

Di bagian awal dari penulisan cover letter versi bahasa Inggris, Anda bisa menyebutkan tentang informasi dan data diri. Informasi tersebut dimulai dari nama, alamat, nomor telepon, email, dan biasanya akun Linkedin.

Informasi kontak ini tentunya akan digunakan oleh perusahaan untuk menghubungi Anda setelah terpilih. Jadi, jangan sampai salah menuliskan informasi yang sangat penting ini.

  1. Greeting

Salam pembuka wajib hukumnya dituliskan sebelum masuk ke bagian pembuka. Jika Anda mengetahui nama dari HRD atau perekrut,  akan lebih baik dengan menyebutkan nama dari perekrut tersebut, contohnya, “Dear Nathalia”. Namun jika tidak tahu nama rekruiter tersebut, Anda bisa memilih beberapa kata pembuka.

Beberapa kata pembuka yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut:

  • Dear Hiring Manager
  • Dear Sir or Madam
  • To Whom It May Concern
  • Dear Human Resources Manager
  1. Bagian Pembuka yang Menjelaskan Dimana Melihat Lowongan

Di bagian ini Anda sudah masuk ke paragraf pertama surat. Dimana di bagian ini, Anda menyebutkan nama Anda dan juga dimana melihat lowongan pekerjaan.

Masih di paragraf yang sama, Anda juga bisa menyebutkan antusias untuk menjadi bagian dari perusahaan.

Contoh cover letter Bahasa Inggris di bagian pembuka, yaitu:

I am Nathalia, with a bachelor’s degree in English Literature from Satya Utama University. I am writing this letter to express my interest in the posting on PT ABCD’s website for the Copywriter. I am very excited with the opportunity to show my writing skills and become a part of your company.

  1. Motivasi dan Alasan Melamar

Di bagian selanjutnya Anda harus menyebutkan motivasi Anda bekerja di perusahaan tersebut. Motivasi-motivasi tersebut bisa dalam bentuk alasan Anda ingin melamar di perusahaan tersebut, kedekatan dengan perusahaan secara pribadi, hingga apa yang Anda pelajari dari perusahaan tersebut.

Beberapa motivasi tersebut tentunya akan menunjukkan seberapa dalam Anda tahu tentang perusahaan tersebut. Semakin tahu Anda tentang perusahaan atau posisi yang dilamar, semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

  1. Menyebutkan Keahlian yang Anda Miliki

Keahlian yang Anda miliki akan menjadi daya tarik paling kuat dari surat lamaran pekerjaan yang Anda tuliskan. Karena itu, Anda harus benar-benar menuliskan keahlian tersebut secara jelas.

Namun, dalam menuliskan keahlian atau kualifikasi tersebut harus sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar. Tentunya suatu keahlian yang tidak sesuai dengan tempatnya akan percuma.

Dalam menuliskan kualifikasi Anda, berikut beberapa hal yang harus Anda tulis:

  • Berupa pencapaian terbaik yang membuat Anda bersinar.
  • Keahlian yang dituliskan harus relevan dengan pekerjaan.
  • Penjelasan bagaimana keahlian tersebut bisa membantu perusahaan.
  1. Closing dan Salam Penutup

Di dalam closing ini Anda harus menuliskan ucapan terimakasih kepada perekrut. Ucapan terimakasih tersebut ditujukan karena pihak perusahaan telah membaca surat lamaran pekerjaan tersebut. Selain itu, jelaskan pula Anda menyertakan dokumen lain seperti CV, portofolio, dan sebagainya.

Untuk salam penutup Anda bisa memilih beberapa kata seperti regards, best regards, sincerely, yours, yours sincerely, kind regards.

Itulah format dan contoh cover letter bahasa Inggris yang harus Anda tahu. Dengan cover letter ini, Anda akan lebih mudah diterima perusahaan.