5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sekolah

Memilih atau pindah sekolah adalah keputusan besar. Dan tentu saja, Anda ingin menemukan yang paling cocok untuk anak Anda. Berikut adalah lima hal yang harus diperhatikan, apakah Anda berpikir tentang sekolah umum tradisional, sekolah charter, atau sekolah swasta.

1. Berkunjung hanya sekali

Kesan pertama itu penting. Tetapi Anda mungkin tidak mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan jika Anda hanya mengunjungi sekolah satu kali. Katakanlah seorang guru tampak tidak antusias. Apakah ini hanya hari libur? Atau apakah itu pertanda masalah yang lebih besar di sekolah?

Kunjungan kedua dapat memberi Anda ide yang lebih baik. Mintalah untuk menghabiskan waktu di ruang kelas sehingga Anda dapat melihat guru bersama siswa. Juga tanyakan nama orang tua atau pengasuh yang mungkin berbicara dengan Anda tentang pengalaman mereka dengan sekolah.

2. Dilihat dari penampilan

Tentu, Anda ingin memilih sekolah bali yang menarik, dengan semua teknologi terbaru. Tapi penampilan bukanlah segalanya.

Beberapa sekolah indonesia mungkin tidak memiliki teknologi terbaru. Tetapi mereka mungkin memiliki guru yang terlibat dan terlatih yang dapat mengeluarkan yang terbaik dari siswa mereka. Itu termasuk anak-anak dengan perbedaan belajar dan berpikir.

Guru yang baik dapat membuat semua perbedaan dalam pendidikan anak Anda. Saat Anda mengunjungi sekolah, mintalah untuk mengunjungi ruang kelas sehingga Anda melihat guru beraksi. Ajak anak Anda untuk mengunjungi sekolah dan pastikan itu adalah tempat yang ramah.

3. Tidak mengajukan pertanyaan yang cukup

Sangat membantu untuk mengetahui apakah sekolah memiliki reputasi yang baik atau mendapat nilai tinggi dari keluarga lain. Tetapi anak mereka mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda dari kebutuhan Anda.

Gunakan alat peringkat sekolah untuk mendapatkan informasi. Dan cobalah untuk terhubung dengan orang tua dan pengasuh lain yang anaknya memiliki tantangan serupa. Anda dapat meminta beberapa kontak sekolah dan mencari di komunitas daring.

Budaya sekolah dapat membuat perbedaan besar dalam perasaan diterimanya anak Anda. Ajukan banyak pertanyaan kepada sekolah, termasuk bagaimana sekolah akan mendukung anak Anda secara akademis, emosional, dan sosial.

4. Lupa memperhitungkan lokasi

Sebuah sekolah yang besar bernilai perjalanan panjang. Tetapi bagaimana dengan sekolah yang tampaknya hanya sedikit lebih baik daripada yang ada di lingkungan Anda? Perjalanan panjang ke dan dari sekolah mungkin membatasi jumlah waktu yang dimiliki anak Anda untuk pekerjaan rumah, kegiatan sepulang sekolah, dan olahraga. Tinggal jauh dari sekolah juga dapat membuat anak Anda sulit bersosialisasi dengan anak-anak lain dari sekolah.

5. Terlalu fokus pada akademis

Akademik itu penting. Tapi begitu juga pertumbuhan sosial dan emosional anak Anda. Sebuah sekolah yang memberikan banyak penekanan pada keterampilan membaca di taman kanak-kanak mungkin terdengar hebat. Tetapi pastikan ada fokus pada keterampilan sosial juga. Sekolah menengah adalah waktu bagi anak-anak untuk mengeksplorasi kekuatan dan hasrat mereka — bukan hanya mencari tahu di mana mereka akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Pilih sekolah berdasarkan semua bidang pertumbuhan anak Anda.