5 Cara Cerdas Memilih Sekolah Internasional di Jakarta untuk Buah Hati

Mencari sekolah internasional di Jakarta saat ini memang bukan hal yang sulit. Sebab sekolah berbasis kurikulum internasional sekarang tersebar di berbagai kawasan area Jakarta, mulai dari Jakarta Barat sampai Jakarta Timur. Namun saking banyaknya, anda mungkin menjadi bingung dalam mencari. Oleh karena itu, ikuti cara berikut agar mendapat sekolah terbaik untuk anak.

Cara Cerdas Memilih Sekolah Internasional

1. Cari Tahu Kurikulum yang Digunakan

Sistem pembelajaran yang diterapkan di sekolah umumnya mengacu pada kurikulum yang ada di sekolah tersebut. Sehingga penting bagi anda mencari tahu terlebih dahulu kurikulum yang digunakan pada sekolah tujuan. Dimana kurikulum internasional pun ada beberapa macam, seperti kurikulum Montessori, Cambridge International, international baccalaureate (IB), sampai International Primary Curriculum (IPC).

Masing masing tentu mempunyai sistem pendidikan yang berbeda, sehingga anda perlu memilih yang dirasa paling cocok. Seperti Cambridge International yang merupakan kurikulum dengan empat fokus utama. Yakni belajar bahasa Inggris untuk anak, cara pandang internasional, memberikan kesempatan luas bagi siswa untuk melanjutkan studi, dan metode pendidikan yang mutakhir.

2. Fasilitas Sekolah

Setelah mencari tahu kurikulum, jangan lupa cari tahu pula terkait fasilitas pada sekolah internasional di Jakarta yang hendak dijadikan pilihan. Karena fasilitas yang memadai tentunya akan mendukung proses belajar mengajar dengan baik. Mulai dari ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, laboratorium, sarana olahraga, ruang ibadah, gedung ekstrakurikuler, dan masih banyak lagi.

3. Layanan Sekolah

Selain fasilitas, umumnya sekolah internasional menawarkan layanan ekstra untuk para siswa. Sehingga aspek ini tidak boleh anda kesampingkan begitu saja, sebab adanya layanan sekolah mungkin dapat memberi banyak kemudahan dan meningkatkan kenyamanan siswa selama menuntut ilmu. Misalnya layanan makan siang, layanan kelas tambahan, layanan antar jemput, atau lainnya.

4. Ekstrakurikuler

Tidak sedikit siswa yang tertarik masuk sekolah tertentu untuk mengikuti ekstrakurikuler di dalamnya. Khususnya untuk anak dengan level pendidikan yang memasuki sekolah menengah, biasanya ada banyak sekali pilihan ekstrakurikuler yang tersedia. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengajak anak untuk berdiskusi mengenai hal ini sebelum mendaftarkannya di sekolah tertentu.

5. Perhitungkan Biaya Pendidikan

Cara cerdas lainnya dalam memilih sekolah internasional di Jakarta yaitu dengan memperhitungkan biaya pendidikan. Tentu anda tidak mau harus menunggak uang gedung atau biaya lainnya dalam waktu lama bukan ? Jadi penting untuk memperhitungkan biaya pendidikan dengan seksama dan menyesuaikannya terhadap budget yang dimiliki, agar sekolah anak berjalan lancar.

Memilih sekolah untuk anak memang sebaiknya tidak dipilih dengan asal asalan. Karena kualitas pendidikan bisa sangat berpengaruh terhadap masa depan anak. Oleh sebab itu, cara cara di atas bisa anda terapkan. Untuk saat ini, salah satu sekolah internasional yang paling diminati adalah Global Sevilla International School in Jakarta yang kedua cabangnya sukses mencetak siswa siswi berprestasi.