3 Contoh Surat Pengunduran Diri

Sejatinya kita akan merasa senang setelah lama mencari akhirnya mendapatkan juga pekerjaan yang selama ini diinginkan. Seiring dengan perjalanan waktu, kita merasa tidak nyaman di tempat pekerjaan sekarang ini.

Dikutip dari berita terkini, banyak faktor yang bisa membuat seseorang sudah merasa tidak nyaman lagi di tempat pekerjaannya yang sekarang. Alasannya bisa bermacam-macam, apakah karena sudah jenuh dengan pekerjaan atau tempat pekerjaan tersebut, adanya permasalahan dengan atasan atau karyawan lainnya, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai alasan tersebut akhirnya orang tersebut mengajukan permohonan pengunduran diri. Umumnya surat pengunduran diri karyawan dibuat secara formal, lalu dicetak di selembar kertas kemudian diserahkan kepada atasan. Ini berfungsi sebagai pemberitahuan formal bahwa anda akan meninggalkan tempat bekerja.

Agar lebih jelas berikut contoh 3 surat pengunduran diri yang singkat dan sederhana :

Contoh Surat Pengunduran Diri 1

Tanggal

Nama :

Jabatan :

Alamat

Kepada Yth,

Bapak / Ibu (nama atasan)

Jabatan

di tempat,

Tujuan dari ditulisnya surat ini adalah untuk memberitahu pengunduran diri saya dari (Nama Perusahaan), berlaku dua minggu sejak tanggal yang tertulis pada bagian surat.

Hal ini bukan keputusan yang mudah. Lima tahun terakhir bekerja di (Nama Perusahaan) sangat berarti bagi saya. Merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk dapat mengembangkan potensi, mengamati bagaimana operasi produksi telah berkembang, dan bekerja dengan tim yang sangat sukses dan berdedikasi pada produk manufaktur berkualitas.

Namun kini saya telah menerima posisi sebagai Manjer Produksi (Contoh Nama Jabatan Baru) di (Nama Perusahaan Yang Baru). Peluang ini memberi saya kesempatan untuk tumbuh secara profesional dan memungkinkan saya untuk pindah agar semakin dekat dengan keluarga.

Saya berharap yang terbaik untuk perusahaan ini dan semoga keputusan saya dapat diterima.

Terima kasih.

Hormat saya,

Tanda Tangan

Nama Lengkap

Contoh Surat Pengunduran Diri 2

Nama :

Jabatan :

Alamat

Kepada Yth,

Bapak / Ibu (nama atasan)

Jabatan

di tempat,

Bersamaan dengan surat ini, saya bermaksud menyampaikan pengunduran diri dari posisi sebagai (Nama Jabatan) di (Nama Perusahaan). Hari terakhir saya bekerja di perusahaan ini adalah dua minggu sejak ditulisnya surat ini.

Terima kasih atas kesempatan untuk pengembangan diri dan profesi yang telah Bapak/Ibu berikan selama dua tahun terakhir saya berada di perusahaan ini. Saya sudah menganggap semua karyawan di sini sebagai kerabat keluarga.

Namun diantara tuga saya (uraian singkat deskripsi kerja), saya merasa sudah saatnya untuk beralih ke peluang dan tantangan baru.

Dengan mundurnya dari posisi ini, saya bersedia untuk dapat membantu dengan cara apa pun dalam merekrut dan/atau melatih pengganti saya sebelum tanggal pengundurn diri yang terlampir dalam surat ini.

Saya berharap yang terbaik untuk perusahaan ini dan semoga keputusan saya dapat diterima.

Terima kasih.

Hormat saya,

Tanda Tangan

Nama Lengkap

Contoh Surat Pengunduran Diri 3

Bandung, 09 Januari 2019

Kepada Yth,

HRD Manajer

PT. MARSOSE

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Dadang Van Houten bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. MARSOSE sebagai Sales Marketing, terhitung sejak hari ini tanggal 09 Januari 2019. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. MARSOSE. Adapun alasan pengunduran diri saya adalah karena ingin menawambah wawasan dan pengalaman di bidang yang lainnya. Saya juga menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. MARSOSE atas setiap kesalahan yang telah saya lakukan baik sengaja maupun yang tidak disengaja. Saya berharap PT. MARSOSE semakin maju dan sukses. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terimaaksih.

Hormat Saya,

(tanda tangan)

Dadang Van Houten